Rabu, 03 Agustus 2016

Bahaya action figure coy


BAHAYA MELETAKKAN ACTION FIGURE PALSU DIA ATAS DASHBOARD MOBIL


Saya ingin berbagi pengalaman yang terjadi pada saya baru2 ini. Pada
tanggal 24 Des 2008 saya mengajak 2 keponakan jalan2 ke pusat grosir di
Jakarta . Keponakan pertama saya (7th) tertarik untuk membeli beberapa
action figure yang rencananya akan diletakkan di dashboard mobil kami.
Kamipun membeli action figure Naruto dkk dengan Rp. 100rb/lusin, konon
itu adalah buatan China . Harga yang sangat murah, mengingat harga satuan
produk asli di atas Rp.50rb/buah.

Keesokan harinya tgl 25 Des 2008, keponakan sayapun meletakkan action
figure tsb di dashboard belakang mobil sedan kami. Jam 7 pagi kami
bermaksud pergi berlibur ke Jawa melewati pantura. ternyata memasuki
daerah Cirebon terdapat beberapa titik kemacetan akibat dari perbaikan
jalan yang berlubang. jam sudah menunjukan pukul 13.45 ketika kami
terjebak kemacetan selama hampir 3 jam memasuki daerah perbatasan
Cirebon Brebes. Keponakan pertama saya mulai merasakan hidung panas,
pernapasan sesak, dan pusing.15 menit kemudian muntah2 dan terjadi terus
menerus selama hampir 1/2 jam. karena mengkhatirkan keadaanya, maka kami
mencari klinik terdekat. Dalam masa pencarian klinik tersebut tiba2
sepupu saya (27th) mengalami awal yang sama.hidung terasa panas, pusing
dan mual2 ( tapi tidak sampai muntah).

Di depan dokter,(Karena sepupu saya sudah dewasa) ia mampu
mendeskripsikan penyebab pusingnya. katanya, baunya berasal dari benda
plastik yang terbakar,dan tercium unsur kimia ( yg dia tidak tau apa) yg
sangat menyengat. sementara keponakan dan sepupu saya di beri oxygen,
saya mengecek keadaan mobil ( takut ada kabel yg terbakar). tp setelah
di cek dg teliti tidak ada satupun kabel yang terbakar. setelah kami
teliti dengan seksama penciuman kami, tertuju pada action figure di
belakang dashboard mobil. lalu kami ambil untuk memeriksanya.

Dan...Masya Allah..., separuh badan Action figure yang menghadap ke arah
kaca dan terkena sinar matahari warnanya sudah sangat kusam( jadi
bule/belel), terdapat beberapa lubang2 kecil, baunya bahan kimia yang
keluar menyengat sekali.

Temuan kami tsb kami laporkan ke dokter, dokter tersebut bilang kalau
bau itu berasal dari action figure yang mengandung kadar melamin yg
sangat tinggi dan bahan dasar pembuatannyapun dari plastik yang mudah
terbakar. Lalu kami bertanya lagi "mengapa hanya keponakan dan sepupu
saya yang merasakannya ?". menurut Dokter lagi karena keponakan saya
mengidap "bawaan asma" yang alergi pernafasan pd keadaan tertentu (
dalam hal ini,karena mencium bau melamin dan sirkulasi udara yg sempit,
akibat dr tertutupnya mobil kami krn menyalakan AC). Dan saya ingat
sepupu sayapun penderita asma pula. Untuk mereka yang alergi bau bahan
kimia tersebut lebih cepat menyerang pernafasan mereka, sedangkan untuk
orang yang normal mungkin efeknya akan lama.

Betitulah pengalaman saya,Mudah2an pengalaman dapat dijadikan pelajaran,
terutama untuk mereka yang mengidap asma, paru2,alergi atau radang
pernafasan.

 

Regards,
Faith Hong

0 comments:

Posting Komentar